Tips Cara Perawatan Kacer Untuk Lomba



Pada kesempatan kali ini om akan coba membahas Tips Perawatan Kacer Untuk Lomba,karena jika kita sering ikut serta dalam lomba atau kontes burung ocehan harus memiliki burung yang siap tempur dan dalam kondisi full supaya burung yang kita perlombakan memiliki fighting spirit yang bagus dan menjadi juara.

Perawatan Burung Kacer Untuk Lomba memang tidak jauh berbrda dengan perawatan harian namun ada sedikit tambahan ekstra dalam perawatannya tersebut,dalam hal ini tentunya kita harus baik dalam perawatatan harian burung kacer yang mana akan berimbas pada kondisi kacer tersebut.


Jika kita sudah melakukan perawatan harian kacer dengan baik tentunya akan sedikit lebih mudah menambah stelan pada kacer yang ingin di perlombakan,dalam hal ini memang susah susah gampang karena kita harus tau karakter dari kacer itu sendiri,namun berikut ini langkah sederhana merawat kacer untuk lomba yang akan om berikan untuk anda : 
  • Pagi dan sore hari,kacer hanya diberikan jangkrik sebanyak 2 ekor saja. Pemberian jangkrik yang sedikit ini sengaja dilakukan agar burung tidak terlalu agresif dan membuang energinya untuk sesuatu yang tidak penting. Contohnya berkicau pada siang hari, atau menjadi galak pada burung lain maupun pemiliknya lantaran terlalu birahi.
  • Pemberian jangkrik yang sedikit tentu tidak dianjurkan bagi Anda yang memelihara kacer sebagai burung rumahan. Jika ingin mempunyai kacer yang rajin bunyi setiap harinya, pemberian jangkrik minimal 5 ekor pada pagi dan sore harinya.
  • Pada H-3 kita wajib memberikan ef yang lebih bisa 2-4x lipat dari perawatan hariannya misal kita memebrikan ef 4 ekor/hari bisa kita tingakatkan menjadi 8 sampai 16 ekor.
  • Jika stelan diatas menambah birahi pada kacer kita wajib memandikannya pada malam hari biar kcer tersebut,over birahi yang menyebabkan kacer tersebut mbagong
  • Untuk tips selanjutnya pada H-2 sebelum lomba  lakukan penjemuran selama± 30 menit dikarenakan nanti pada saat lomba burung akan di jemur kembali.
  • Sehari menjelang lomba ( H-1) atau sore hari menjelang matahari terbenam, kacer diberi jangkrik dengan porsi  lebih dari 10 ekor. Beberapa penggemar bahkan memberikan jangkrik hingga 50 ekor agar burung tampil lebih maksimal keesokan harinya
  • Sebaiknya 1 jam sebelum lomba di mulai  burung dimandikan dan diberikan jangkrik 3-6 ekor sudah cukup dan anda bisa menambahkan ulat hongkong 6-15 ekor saja.
  • ketika burung turun dalam lomba berikan lagi jangkrik sebanyak 2 ekor, agar menambah rangsangan pada burung anda. 
Semoga Tips Perawatan Kacer Untuk Lomba diatas dapat bermanfaat untuk anda,dan perlu diingat tips tersebut tidaklah mutlak untuk dijadikan pegangan karena keinginan atau karakter kacer berbeda beda sehingga kita harus dituntut untuk mengetahui stelan yang bisa menyebabkan kacer tersebut tampil prima di arena lomba.