Cara Mengobati Kenari Yang Serak



Cara Mengobati Kenari Yang Suaranya Serak memang agak gampang gampang susah karena pengobatan yang sukses dilakukan oleh orang lain belum tentu sukses untuk kenari yang kita punyai yang suara kicauannya serak,pada umumnya penyakit jenis ini sering terjadi pada kenari pasca mabung karena pada saat mabung kenari beristirahat untuk berbunyi.

Suara kenari memang sangat nyaring sehingga terdengar merdu untuk didengar dan juga kenari ini cocok untuk dijadikan burung masteran karena suaranya yang keras dan ngeroll dapat menjadikan burung yang dimasternya terlihat istimewa namun saat suara kenari serak kita tentunya tidak dapat mendengar lagi kicauan yang merdu hal ini sudah menjadi penyakit kenari yang lumrah bahkan tidak hanya serak ada juga yang sampai tidak bersuara.

Nah untuk kitu kita sebagai kicau mania khususnya pecinta kenari jangan dulu panik jika kenari yang kita rawat terserang penyakit serak Kenari yang suaranya serak pasti ada sebab musababnya seperti perawatan nya yang kurang tepat, kenari terlalu gemuk, tenggorokan kenari terkena infeksi, kenari jarang dijemur dsb. Nah, setelah diketahui penyebabnya diaharapkan kenari kesayangan anda yang mengalami masalah suara tersebut dapat diatasi dengan cepat,berikut tips cara mengobati kenari yang serak dengan cepat


1. Lakukan penjemuran secukupnya setiap hari, penjemuran bisa dilakukan jam 07.00-09.00.

2. Upayakan kenari tidak kegemukan. Bila kenari kegemukan kurangi pemberian EF seperti telor puyuh dan kroto. Karena Kenari yang kegemukan akan membuatnya malas bunyi dan kicauannya pun bisa melempem.

3. Terapi dengan daun mengkudu muda, selama proses terapi sebaiknya tambahkan juga apel dan selada.

4. Selama proses penyembuhan jangan diberikan mentimun dan oyong karena sayuran tersebut mengandung getah yang bisa memperparah masalah pada suaranya. 

5. Selain diberikan biji kenaripenting juga ditambahkan niger seed guna membantu tubuhnya lebih hangat.

6. Gunakan air matang atau kemasan, sebaiknya stop pemberian air minum dengan air kran, pompa atau pdam karena air tesbebut kurang bagus untuk kenari.

7.Sangkar Kenari sebaiknya dikerodong di malam hari.
Demikian info mengenai cara mengobati kenari yang serak yang dapat kami berikan semoga bermanfaat untuk anda,. baca juga Cara Merawat Kenari Agar Gacor